• SISABAR
  • Jalan KH. Sarbini No 2 Lt. 2, Kadu Agung, Tigaraksa, Kadu Agung, Tigaraksa, Tangerang, Banten 15119, Indonesia
  • Telp/Fax (021) - 5995503/ 081213210681 / -

Perlunya Satuan Pendidikan Yang Ramah Anak Di Sekolah

Pisa Tangerang Gemilang - Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang secara sadar berupaya menjamin dan memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab. Prinsip utama adalah non diskriminasi kepentingan, hak hidup serta penghargaan terhadap anak. Sebagaimana dalam bunyi pasal 4 UU No.23 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, menyebutkan bahwa anak mempunyai hak untuk dapat hidup tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

 

Disebutkan di atas salah satunya adalah berpartisipasi yang dijabarkan sebagai hak untuk berpendapat dan didengarkan suaranya. Sekolah Ramah Anak adalah sekolah yang terbuka melibatkan anak untuk berpartisipasi dalam segala kegiatan, kehidupan sosial,serta mendorong tumbuh kembang dan kesejahteraan anak.

 

Sekolah Ramah Anak adalah sekolah/madrasah yang aman, bersih, sehat, hijau, inklusif dan nyaman bagi perkembangan fisik, kognisi dan psikososial anak perempuan dan anak laki-laki termasuk anak yang memerlukan pendidikan khusus dan/atau pendidikan layanan khusus.

 

Berikut adalah peran aktif berbagai unsur pendukung terciptanya Sekolah Ramah Anak.

 

Keluarga :

 

- Sebagai pusat pendidikan utama dan pertama bagi anak.

 

- Sebagai fungsi proteksi ekonomi, sekaligus memberi ruang berekpresi dan berkreasi.

 


Sekolah :

 

- Melayani kebutuhan anak didik khususnya yang termargin dalam pendidikan

 

- Peduli keadaan anak sebelum dan sesudah belajar

 

- Peduli kesehatan, gizi, dan membantu belajar hidup sehat.

 

- Menghargai hak-hak anak dan kesetaraan gender.

 

- Sebagai motivator, fasilitator sekaligus sahabat bagi anak.

 

  

Masyarakat :

 

- Sebagai komunitas dan tempat pendidikan setelah keluarga

 

- Menjalin kerjasama dengan sekolah. sebagai penerima output sekolah.

 

 

Sekolah ramah anak merupakan upaya mewujudkan pemenuhan hak dan perlindungan anak selama 8 jam anak berada di sekolah, melalui upaya sekolah untuk menjadikan sekolah: Bersih, Aman, Ramah, Indah, Inklusif, Sehat, Asri, dan Nyaman.

 

Komponen sekolah ramah anak meliputi: 1) Kebijakan SRA; 2) Pendidik dan tenaga kependidikan terlatih hak-hak anak; 3) Pelaksanaan proses belajar yang ramah anak  adanya penerapan disiplin tanpa kekerasan; 4) Sarana dan prasarana yang ramah anak tidak membahayakan anak, dan mencegah anak agar tidak celaka; 5) Partisipasi anak; 6) Partisipasi orang tua, lembaga masyarakat, dunia usaha, Stakeholder lainnya, dan Alumni.

 

Sekolah ramah anak menjadi penting mengingat dalam sehari delapan jam anak berada  di sekolah. Oleh karena itu, adanya program dari kementerian/lembaga yang saat ini sudah berbasis sekolah dan menunjang terhadap kondisi yang diinginkan dalam sekolah ramah anak menjadi salah satu solusi dalam mencegah kekerasan terhadap anak.

 

Sekolah ramah membangun paradigm baru dalam mendidik dan mengajar peserta didik untuk menciptakan generasi baru tanpa kekerasan, menumbuhkan kepedulian orang dewasa serta memenuhi hak dan melindungi anak dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 


Sumber :


https://disdikbud.langsakota.go.id/berita/sekolah-ramah-anak-dalam-satuan-pendidikan

https://indonesiabaik.id/infografis/cegah-kekerasan-dengan-sekolah-ramah-anak

https://dp3akb.jabarprov.go.id/official/mengenal-dan-mengembangkan-sekolah-ramah-anak/