• SISABAR
  • Jalan H. Somawinata No. 1, Kadu Agung, Tigaraksa, Kadu Agung, Tigaraksa, Tangerang, Banten 15119, Indonesia
  • Telp/Fax (021) - 5995503 / -

Habiskan 3 Jam untuk Main Media Sosial,

Pusat Informasi Sahabat Anak - Internet merupakan suatu hal yang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Tentu kita masih ingat bahwa internet dulu penggunaannya sangat terbatas, digunakan hanya untuk mengirim pesan melalui email, browsing dan sebagainya. Namun saat ini seiring dengan perkembangannya, internet mampu membuat inovasi-inovasi terbaru yang lebih menarik perhatian hampir semua kalangan, salah satunya adalah media sosial.

 

Media sosial merupakan salah satu di antara sekian banyak teknologi saat ini. Media sosial kini telah menjadi bagian terpenting dalam masyarakat modern, bahkan beberapa jaringan sosial memiliki pengguna yang jumlahnya lebih banyak dari pada populasi warga di berbagai Negara, Selalu ada ruang virtual yang begitu diminati oleh penggunanya.

 

Rata-rata orang Indonesia menghabiskan tiga jam 14 menit sehari untuk mengakses media sosial. Dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 170 juta.

 

Jumlah pengguna media sosial di Indonesia sama dengan 61,8 persen dari total populasi pada Januari 2021. Angka ini juga meningkat 10 juta, atau sekitar 6,3 persen dibandingkan tahun lalu.

 

Nama Indonesia sendiri tercatat dalam daftar 10 besar negara yang kecanduan media sosial. Posisi Indonesia berada di peringkat sembilan dari 47 negara yang dianalisis. Sebanyak 168,5 juta orang Indonesia menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet untuk mengakses media sosial, dengan penetrasi 99 persen.

 

Jumlah pengguna internet di Indonesia Masih dalam laporan yang sama, pada Januari 2021, pengguna internet di Indonesia tercatat mencapai 202,6 juta dengan penetrasi 73,7 persen.

 

Dari total 202,6 juta pengguna internet di Indonesia, 96,4 persen di antaranya menggunakan smartphone untuk mengakses internet.

 

Dirangkum We Are Social, waktu yang dihabiskan orang Indonesia untuk mengakses internet per hari rata-rata yaitu 8 jam 52 menit. Berdasarkan aplikasi yang paling banyak digunakan, secara berurutan posisi pertama adalah YouTube, WhatsApp, Instagram, Facebook, lalu Twitter.

 

Facebook mendominasi tiga teratas dalam daftar lima aplikasi yang paling sering digunakan oleh pengguna berbasis Android di Indonesia.

 

Secara berurutan, kelima aplikasi itu diantaranya adalah WhatsApp, Facebook, Instagram, TikTok, lalu Twitter. Menurut laporan, waktu yang dihabiskan pengguna WhatsApp di Indonesia yaitu sekitar 30,8 jam per bulan, Facebook 17 jam per bulan, Instagram 17 jam per bulan, TikTok 13,8 jam per bulan, kemudian Twitter 8,1 jam per bulan.

 

Dari sekian banyak layanan video streaming, YouTube masih menduduki posisi teratas dengan rata-rata waktu penggunaan 25,9 jam per bulan. Pencapaian ini berhasil menggeser posisi aplikasi streaming populer seperti Netflix dan Viu, yang masing-masing berada di urutan keempat dan lima.

 


Sumber :


https://infokomputer.grid.id/

https://kominfo.go.id/